Greenstone : software for building and distributing digital library collections

Greenstone adalah perangkat lunak untuk membangun dan mendistribusikan koleksi perpustakaan digital. Ini menyediakan cara untuk mengatur informasi dan mempublikasikannya di web atau di media yang dapat dipindahkan seperti DVD dan flash drive USB. Greenstone diproduksi oleh Proyek Perpustakaan Digital Selandia Baru di Universitas Waikato, dan dikembangkan serta didistribusikan bekerja sama dengan UNESCO dan Human Info NGO. Ini adalah perangkat lunak sumber terbuka, multibahasa, yang dikeluarkan di bawah ketentuan Lisensi Publik Umum GNU. Baca Lembar Fakta Greenstone untuk informasi lebih lanjut.

Tujuan dari perangkat lunak Greenstone adalah untuk memberdayakan pengguna, khususnya di universitas, perpustakaan, dan lembaga layanan publik lainnya, untuk membangun perpustakaan digital mereka sendiri. Perpustakaan digital secara radikal mereformasi bagaimana informasi disebarluaskan dan diperoleh di komunitas dan institusi mitra UNESCO di bidang pendidikan, sains dan budaya di seluruh dunia, dan khususnya di negara-negara berkembang. Kami berharap perangkat lunak ini akan mendorong penyebaran perpustakaan digital yang efektif untuk berbagi informasi dan menempatkannya di domain publik. Informasi lebih lanjut dapat ditemukan dalam buku Bagaimana membangun perpustakaan digital, yang ditulis oleh tiga anggota kelompok.

Untuk mengunduhnya silakan KLIK DISINI.

Greenstone adalah perangkat lunak untuk membangun dan mendistribusikan koleksi perpustakaan digital. Ini bukan perpustakaan digital tetapi alat untuk membangun perpustakaan digital. Perangkat lunak ini menyediakan cara untuk mengatur informasi dan mempublikasikannya di Web dalam bentuk sumber daya digital berbasis metadata yang dapat ditelusuri sepenuhnya. Itu juga dapat dijalankan di lingkungan non-jaringan (standalone), beroperasi dari media yang dapat dipindahkan seperti USB Flash Drive dan DVD. Greenstone telah dikembangkan dan didistribusikan bekerja sama dengan UNESCO dan LSM Human Info di Belgia. Ini adalah perangkat lunak sumber terbuka, multibahasa, yang dikeluarkan di bawah ketentuan Lisensi Publik Umum GNU. Pada tahun 2004 para pengembangnya menerima penghargaan IFIP Namur untuk “kontribusi terhadap kesadaran implikasi sosial dari teknologi informasi, dan perlunya pendekatan holistik dalam penggunaan teknologi informasi yang memperhitungkan implikasi sosial.”

Versi

Ada dua versi utama dari perangkat lunak.

Greenstone3 adalah desain ulang dan implementasi ulang lengkap dari perangkat lunak perpustakaan digital asli yang kami kembangkan pada tahun 2000 (Greenstone2). Ini menggabungkan semua fitur dari perangkat lunak sebelumnya, dan kompatibel ke belakang. Fitur impor ‘Koleksi Greenstone2’ disediakan di Antarmuka Pustakawan Greenstone (GLI) untuk membantu transisi ke perangkat lunak baru bagi pengguna yang sudah ada. Greenstone3 ditulis dalam Java dan memanfaatkan banyak teknologi web—seperti XML Transforms (XSLT), dan Java Authentication and Authorization Service (JASS)—yang telah muncul sejak kami pertama kali mulai mengembangkan perangkat lunak perpustakaan digital. Hal ini membuat perangkat lunak perpustakaan digital sangat dapat disesuaikan dan diperluas dalam fungsionalitas yang diberikannya. Sebaliknya, Greenstone2 ditulis dalam C++ dan harus banyak menggunakan format dan sintaks yang kami buat sendiri. Ini karena kurangnya teknologi web yang tersedia pada saat itu, yang berarti tidak hanya fungsionalitas yang disediakannya lebih terbatas, sintaks yang dipesan lebih dahulu berarti pengguna sepenuhnya bergantung pada kami yang menyediakan dokumentasi yang merinci cara kerjanya.

Greenstone3 sedang dalam pengembangan aktif, dan direkomendasikan untuk diunduh. Kami juga menyediakan rilis pemeliharaan untuk pendahulunya, Greenstone2.

Greenstone berjalan di semua versi Windows, Unix/Linux, dan Mac OS-X. Sangat mudah untuk menginstal. Untuk instalasi Windows default sama sekali tidak ada konfigurasi yang diperlukan, dan pengguna akhir secara rutin menginstal Greenstone di laptop atau workstation pribadi mereka. Pengguna institusi menjalankannya di server web utama mereka, di mana ia beroperasi dengan perangkat lunak server web standar (misalnya Apache untuk Greenstone2, Tomcat untuk Greenstone3). Versi eksperimental juga tersedia untuk Android: yaitu versi di mana perpustakaan digital beroperasi mandiri di ponsel atau tablet pengguna.

Greenstone sangat dapat dioperasikan menggunakan standar kontemporer, Ini menggabungkan server yang dapat melayani koleksi apa pun melalui Protokol Arsip Terbuka untuk Pemanenan Metadata (OAI-PMH), dan Greenstone dapat memanen dokumen melalui OAI-PMH dan memasukkannya ke dalam koleksi. Koleksi apa pun dapat diekspor ke METS (dalam Profil METS Greenstone, disetujui oleh Dewan Editorial METS dan diterbitkan di http://www.loc.gov/standards/mets/mets-profiles.html), dan Greenstone dapat mencerna dokumen di formulir METS. Koleksi apa pun dapat diekspor ke DSpace siap untuk program impor batch DSpace, dan koleksi DSpace apa pun dapat diimpor ke Greenstone.

Greenstone memiliki dua antarmuka interaktif terpisah, antarmuka Pembaca dan antarmuka Pustakawan. Pengguna akhir mengakses perpustakaan digital melalui antarmuka Pembaca, yang beroperasi dalam browser web. Antarmuka Pustakawan adalah antarmuka pengguna grafis berbasis Java yang memudahkan pengumpulan materi untuk koleksi (mengunduhnya dari web jika diperlukan), memperkayanya dengan menambahkan metadata, merancang fasilitas pencarian dan penelusuran yang akan ditawarkan koleksi kepada pengguna , dan buat serta sajikan koleksinya. Antarmuka Pustakawan dapat dikonfigurasi untuk mengelola instalasi Greenstone jarak jauh. Greenstone3 juga menyediakan fasilitas manajemen perpustakaan yang terintegrasi dengan antarmuka browser web (setelah pengguna masuk)—suatu keunggulan dibandingkan versi perangkat lunak sebelumnya.

Salah satu kekuatan unik Greenstone adalah sifatnya yang multibahasa. Antarmuka pembaca tersedia dalam lebih dari 60 bahasa, termasuk Amharik, Arab, Armenia, Bengali, Bulgaria, Burma, Catalan, Cina (baik yang disederhanakan maupun tradisional), Kroasia, Ceko, Dari, Dhivehi, Belanda, Inggris, Farsi, Finlandia, Prancis , Gaelik, Galicia, Georgia, Jerman, Yunani, Gujarati, Ibrani, Hindi, Hongaria, Indonesia, Italia, Jepang, Kannada, Kazakh, Kirgistan, Laos, Latvia, Malayalam, Maori, Marathi, Mongolia, Nepal, Polandia, Portugis (BR dan versi PT), Pushto, Rumania, Rusia, Serbia (versi Sirilik dan Latin, dan versi Sirilik dan Latin Bosnia Herzegovina), Sinhala, Slovakia, Spanyol, Tamil, Telugu, Thailand, Tigrinya, Turki, Ukraina, Urdu, dan Vietnam. Antarmuka Pustakawan tersedia dalam lebih dari 20 bahasa, termasuk Amharik, Arab, Armenia, Catalan, Cina (disederhanakan), Inggris, Farsi, Prancis, Yunani, Gujarati, Jepang, Kannada, Kazakh, Latvia, Marathi, Mongolia, Nepal, Rumania, Rusia, Spanyol, Tamil, Thailand, dan Vietnam. Kami selalu mencari sukarelawan untuk menambahkan antarmuka bahasa baru dan membantu mempertahankan yang sudah ada.

Pengguna mendefinisikan metadata secara interaktif dalam antarmuka Pustakawan. Kumpulan metadata ini telah ditentukan sebelumnya:

  • Dublin Core (memenuhi syarat dan tidak memenuhi syarat)
  • RFC 1807
  • NZGLS (Layanan Pencari Lokasi Pemerintah Selandia Baru)
  • AGLS (Layanan Pencari Lokasi Pemerintah Australia)

Kumpulan metadata baru dapat ditentukan menggunakan Editor Kumpulan Metadata Greenstone. “Plug-in” digunakan untuk menyerap metadata yang disiapkan secara eksternal dalam berbagai bentuk, dan plug-in tersedia untuk: CSV, XML, EXIF, MARC, CDS/ISIS, ProCite, BibTex, Refer, OAI, DSpace, dan METS.

Plug-in juga digunakan untuk mencerna dokumen. Untuk dokumen tekstual, ada plug-in untuk: PDF, PostScript, Word, RTF, HTML, Teks biasa, Lateks, arsip ZIP, Excel, PPT, Email (berbagai format) dan kode sumber. Untuk dokumen multimedia, ada plug-in untuk: Gambar (format apapun, termasuk PNG, JPEG, JPEG 2000, GIF, TIFF), audio MP3, audio Ogg Vorbis, dan plug-in generik yang dapat dikonfigurasi untuk format audio, MPEG, MIDI, dll.

Sumber:
https://www.greenstone.org
https://www.greenstone.org/factsheet
https://www.greenstone.org/download
https://www.greenstone.org/examples
http://wiki.greenstone.org/doku.php

Interested on library and information science, literacy, digital library, digital humanities, data science, media and culture studies.

Related Posts

Brackets – A modern, open source code editor that understands web design

Dengan alat visual terfokus dan dukungan praprosesor, Brackets adalah editor teks modern yang memudahkan desain di browser. Ini dibuat dari bawah ke atas untuk desainer web dan…

WPS Office – Free Office Download for PC & Mobile, Alternative to MS Office

WPS Office adalah suite kantor komprehensif yang ringan dan kaya fitur dengan kompatibilitas tinggi. Sebagai perangkat lunak perkantoran yang praktis dan profesional, WPS Office memungkinkan Anda mengedit…

SourceForge – Compare, Download & Develop Open Source & Business Software

Didirikan pada tahun 1999, SourceForge adalah platform perangkat lunak lengkap untuk perangkat lunak sumber terbuka dan bisnis. SourceForge adalah sumber daya komunitas perangkat lunak open source yang…

Open Source Initiative (OSI)

Open Source Initiative (OSI) adalah California public benefit corporation, dengan status bebas pajak 501(c)3, didirikan pada tahun 1998. OSI juga secara aktif terlibat dalam pembangunan komunitas, pendidikan,…

RStudio – Open source & professional software for data science teams

RStudio adalah lingkungan pengembangan terintegrasi atau integrated development environment (IDE) untuk R. Ini termasuk konsol, editor penyorotan sintaks yang mendukung eksekusi kode langsung, serta alat untuk merencanakan,…

DSpace Reopsitory Software

DSpace adalah perangkat lunak pilihan untuk organisasi akademis, nirlaba, dan komersial yang membangun repositori digital terbuka. Ini gratis dan mudah dipasang “di luar kotak” dan sepenuhnya dapat…