Geany – The Flyweight IDE

Geany adalah editor teks programmer yang kuat, stabil, dan ringan yang menyediakan banyak fitur berguna tanpa menghambat alur kerja Anda. Ini berjalan di Linux, Windows dan macOS diterjemahkan ke lebih dari 40 bahasa, dan memiliki dukungan bawaan untuk lebih dari 50 bahasa pemrograman. Untuk mengunduhnya silakan KLIK DISINI.

Salah satu alasan utama keberadaan Geany adalah bahwa ada kebutuhan untuk IDE/editor yang layak, GUI, ringan, lintas platform, fleksibel dan kuat. Banyak editor memenuhi satu atau lebih dari persyaratan ini tetapi gagal memenuhi persyaratan lainnya.

Geany adalah Perangkat Lunak Gratis yang Baik. Menggunakan lisensi GPL v2, Geany memastikan bahwa Anda tidak hanya dapat menyesuaikan dan meretasnya, tetapi semua orang mendapat manfaat dari perubahan yang dibuat komunitas. Geany memiliki komunitas profesional dan penghobi yang dinamis yang berkontribusi pada peningkatan dan perbaikan di berbagai platform termasuk The Mailing Lists, Github, Matrix #geany:matrix.org dan Twitter.

Banyak bagian Geany sangat dapat disesuaikan seperti tema warna (Geany Themes) atau menambahkan tipe file baru.

Selanjutnya, Geany menyediakan banyak pengaturan untuk memungkinkan Anda menyesuaikannya dengan kebutuhan dan preferensi Anda.

Banyak tipe file yang didukung termasuk bahasa pemrograman populer seperti C, Java, PHP, HTML, JavaScript, Python atau Perl.

Tetapi Geany juga menyertakan dukungan untuk tipe file berguna lainnya seperti file konfigurasi gaya ini, output Diff, file SQL, dan banyak lagi (dapatkan daftar lengkapnya)

Dengan sistem plugin Geany, pengguna bisa mendapatkan lebih banyak fitur ke Geany dan pengembang dapat dengan mudah menambahkan fitur baru dan/atau meningkatkan yang sudah ada.

Release Notes:
Geany 1.38.0 (October 09, 2021)
General

  • Increase speed when opening documents, especially on startup (Justin Blanchard, Issue#2883, Issue#2649, Issue#2791, PR#2884, PR#2747).
  • Synchronize Geany’s Ctags implementation with Universal Ctags, this leads to updated symbol parsers (Jiří Techet, PR#2666).
  • Remove GTK+2 Support (PR#2602).
  • Geany needs a C++17 compiler to build (PR#2862).

Bug fixes

  • Workaround crashes when pasting into VTE without having focus (Issue#2813, PR#2843).

Interface

  • Add keybinding to reload all open documents (David Yang, PR#2859).

Filetypes

  • Add Julia filetype (getzze, Issue#434, PR#2584).
  • Add Meson filetype (Andy Alt, PR#2850).

Plugins

  • SaveActions: add configurable target directory for instantly saved files (Issue#640, PR#2769).

Windows

  • Fix message window height after restart (Issue#2591, PR#2892).
  • Switch Windows builds to GTK3 and x86_64 (PR#2590).

Internationalization

  • Updated translations: da, de, el, es, et, fr, it, ja, nl pt, pt BR, sk, tr, uk, zh_CN

Sumber: https://www.geany.org

Interested on library and information science, literacy, digital library, digital humanities, data science, media and culture studies.

Related Posts

Brackets – A modern, open source code editor that understands web design

Dengan alat visual terfokus dan dukungan praprosesor, Brackets adalah editor teks modern yang memudahkan desain di browser. Ini dibuat dari bawah ke atas untuk desainer web dan…

WPS Office – Free Office Download for PC & Mobile, Alternative to MS Office

WPS Office adalah suite kantor komprehensif yang ringan dan kaya fitur dengan kompatibilitas tinggi. Sebagai perangkat lunak perkantoran yang praktis dan profesional, WPS Office memungkinkan Anda mengedit…

SourceForge – Compare, Download & Develop Open Source & Business Software

Didirikan pada tahun 1999, SourceForge adalah platform perangkat lunak lengkap untuk perangkat lunak sumber terbuka dan bisnis. SourceForge adalah sumber daya komunitas perangkat lunak open source yang…

Open Source Initiative (OSI)

Open Source Initiative (OSI) adalah California public benefit corporation, dengan status bebas pajak 501(c)3, didirikan pada tahun 1998. OSI juga secara aktif terlibat dalam pembangunan komunitas, pendidikan,…

RStudio – Open source & professional software for data science teams

RStudio adalah lingkungan pengembangan terintegrasi atau integrated development environment (IDE) untuk R. Ini termasuk konsol, editor penyorotan sintaks yang mendukung eksekusi kode langsung, serta alat untuk merencanakan,…

Greenstone : software for building and distributing digital library collections

Greenstone adalah perangkat lunak untuk membangun dan mendistribusikan koleksi perpustakaan digital. Ini menyediakan cara untuk mengatur informasi dan mempublikasikannya di web atau di media yang dapat dipindahkan…