DSpace Reopsitory Software

DSpace adalah perangkat lunak pilihan untuk organisasi akademis, nirlaba, dan komersial yang membangun repositori digital terbuka. Ini gratis dan mudah dipasang “di luar kotak” dan sepenuhnya dapat disesuaikan agar sesuai dengan kebutuhan organisasi mana pun. Untuk mengunduhnya silakan KLIK DISINI.

DSpace mempertahankan dan memungkinkan akses mudah dan terbuka ke semua jenis konten digital termasuk teks, gambar, gambar bergerak, mpeg, dan kumpulan data. Dan dengan komunitas pengembang yang terus berkembang, berkomitmen untuk terus memperluas dan meningkatkan perangkat lunak, setiap instalasi DSpace mendapat manfaat dari yang berikutnya.

Visi dan Misi DSpace

Visi: Proyek DSpace akan menghasilkan pilihan dunia untuk perangkat lunak repositori yang menyediakan sarana untuk membuat informasi tersedia secara terbuka dan mudah dikelola.

Misi: Kami akan membuat perangkat lunak open source yang unggul dengan memanfaatkan keterampilan komunitas pengembang aktif, energi dan wawasan dari pengguna yang terlibat dan aktif, dan dukungan keuangan dari anggota proyek dan penyedia layanan terdaftar.

Perangkat lunak DSpace akan:

  • Fokus pada kasus penggunaan Repositori Institusional.
  • Jadilah ramping, gesit, dan fleksibel.
  • Mudah dan sederhana untuk dipasang dan dioperasikan.
  • Sertakan seperangkat fungsi inti yang dapat diperluas atau diintegrasikan dengan layanan dan alat pelengkap dalam ekosistem ilmiah yang lebih besar

Alasan Teratas Untuk Menggunakan DSpace
Komunitas pengguna dan pengembang terbesar di seluruh dunia Perluas.
DSpace memiliki lebih dari 1000 organisasi yang saat ini menggunakan perangkat lunak DSpace dalam lingkungan produksi atau proyek. Penggunaan yang paling umum adalah oleh perpustakaan penelitian sebagai repositori institusional, namun ada banyak organisasi yang menggunakan perangkat lunak untuk meng-host dan mengelola repositori berbasis subjek, repositori dataset atau repositori berbasis media. Lihat daftar lengkap pengguna terdaftar di sini. Untuk peta semua pengguna terdaftar, kunjungi di sini.

Perangkat lunak open source gratis dan diperluas.
Platform open source DSpace tersedia gratis untuk siapa saja dan dapat diunduh dari GitHub. Kode tersebut saat ini dilisensikan di bawah lisensi open source BSD. Ini berarti bahwa organisasi mana pun dapat menggunakan, memodifikasi, dan bahkan mengintegrasikan kode ke dalam aplikasi komersial mereka tanpa membayar biaya lisensi apa pun. Tentu saja, kami berharap jika Anda memperbaiki perangkat lunak, Anda akan menyumbangkan kode itu kembali ke komunitas untuk keuntungan semua orang. Saat ini ada lebih dari 100 kontributor di seluruh dunia yang memberikan kontribusi kode, perbaikan bug, dll. Perangkat lunak DSpace dikelola oleh sekelompok kecil pengembang sukarela (disebut committer) yang bekerja sama untuk merencanakan rilis dan mengintegrasikan fitur baru dan perbaikan bug yang dikirimkan oleh komunitas . Lihat Daftar Kontributor DSpace kami untuk daftar lengkap semua kontributor yang dikenal untuk platform. Bandingkan perangkat lunak DSpace dengan solusi sumber terbuka lainnya untuk melihat apakah itu paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Berikut adalah perbandingan perangkat lunak DSpace dengan platform repositori open source lainnya yang dilakukan oleh Repositories Support Project, sebuah inisiatif yang didanai JISC dari Inggris.

Sepenuhnya dapat disesuaikan agar sesuai dengan kebutuhan Anda dan dapat diperluas
DSpace dapat dikustomisasi dengan cara utama berikut untuk memenuhi kebutuhan Anda:

  • Kustomisasi atau tema antarmuka pengguna – Anda dapat sepenuhnya menyesuaikan tampilan dan nuansa situs web DSpace Anda sehingga akan terintegrasi dengan mulus dengan situs web institusi Anda sendiri dan dapat lebih intuitif bagi pengguna Anda. DSpace menyediakan dua opsi antarmuka pengguna utama: antarmuka tradisional (berbasis JSP), dan Manakin (berbasis XML) yang menyediakan berbagai “tema” di luar kotak.
  • Sesuaikan metadata – Dublin Core adalah format metadata default dalam aplikasi DSpace. Namun Anda dapat menambahkan atau mengubah bidang apa pun untuk menyesuaikannya untuk aplikasi Anda. DSpace saat ini mendukung ruang nama datar non hierarkis, meskipun dimungkinkan untuk memasukkan skema metadata hierarkis lainnya ke DSpace seperti MARC dan MODS. Ini membutuhkan penggunaan alat seperti penyeberangan dan memiliki beberapa kemampuan teknis untuk memetakan transfer data.
  • Konfigurasi Jelajah dan Pencarian – Anda dapat memutuskan bidang apa yang ingin Anda tampilkan untuk penelusuran, seperti penulis, judul, tanggal, dll. di situs web DSpace Anda. Anda juga dapat memilih bidang metadata apa pun yang ingin Anda sertakan dalam antarmuka pencarian. Semua teks dalam item tertentu dan metadata yang terkait dengan item, diindeks untuk pencarian teks lengkap jika diinginkan.
  • Mekanisme otentikasi lokal – DSpace hadir dengan plugin untuk sebagian besar metode otentikasi universitas, termasuk: LDAP (dan LDAP hierarkis), Shibboleth, X.509, berbasis IP. Selain itu, DSpace hadir dengan metode otentikasi internalnya sendiri, atau dapat dikonfigurasi untuk menggunakan beberapa metode otentikasi sekaligus. Anda juga dapat membuat plugin autentikasi sendiri jika menggunakan mekanisme autentikasi khusus.
  • Kompatibilitas standar – DSpace mematuhi banyak protokol standar untuk akses, penyerapan, dan ekspor. Standar yang didukung DSpace meliputi: OAI-PMH, OAI-ORE, SWORD, WebDAV, OpenSearch, OpenURL, RSS, ATOM.
  • Basis data yang dapat dikonfigurasi -Anda dapat memilih PostgreSQL atau Oracle untuk basis data tempat DSpace mengelola metadatanya.
  • Bahasa default -Aplikasi web DSpace tersedia dalam lebih dari dua puluh bahasa. Jadi jika bahasa Inggris bukan bahasa lokal Anda, Anda dapat menyesuaikan bahasa yang digunakan DSpace. Anda juga dapat mengonfigurasi DSpace untuk mendukung banyak bahasa, sehingga bahasa yang dilihat pengguna Anda adalah ‘bahasa pilihan’ yang disetel di browser web mereka.

Digunakan oleh lembaga pendidikan, pemerintah, swasta dan komersial dan dapat diperluas
Platform DSpace digunakan oleh institusi pendidikan tinggi yang awalnya mengembangkan platform, sementara juga menunjukkan daya tarik yang jauh lebih luas. Perangkat lunak ini telah digunakan oleh museum, arsip negara, museum, Perpustakaan negara bagian dan Nasional, repositori jurnal, konsorsium, dan perusahaan komersial untuk mengelola aset digital mereka. Untuk daftar lengkap semua pengguna terdaftar, silakan kunjungi di sini.

Dapat dipasang di luar kotak dan diperluas
DSpace hadir dengan antarmuka berbasis web yang mudah dikonfigurasi, yang dapat diinstal oleh administrator sistem mana pun pada satu kotak Linux, Mac OSX atau Windows untuk memulai. Jika Anda ingin mencoba DSpace sebelum menginstal, kunjungi Situs Demo DSpace kami (yang merupakan demo instalasi DSpace yang berfungsi penuh). Daftar lengkap persyaratan perangkat lunak dapat ditemukan di Dokumentasi kami.

Dapat mengelola dan melestarikan semua jenis konten digital
Aplikasi DSpace dapat mengenali dan mengelola sejumlah besar format file dan tipe mime. Beberapa format paling umum yang saat ini dikelola dalam lingkungan DSpace adalah file PDF, Word, JPEG, MPEG, TIFF. Meskipun DSpace out-of-the-box hanya mengenali format file umum secara otomatis, file dari format apa pun dapat dikelola oleh DSpace. DSpace juga menyediakan registri format file sederhana di mana Anda dapat mendaftarkan format yang tidak dikenal, sehingga dapat diidentifikasi di masa mendatang.

DSpace versi 7.2 sekarang telah tersedia, menyediakan fitur baru, keamanan dan perbaikan bug ke platform 7.x. DSpace 7 adalah rilis terbesar dalam sejarah perangkat lunak DSpace. Rilis ini memperkenalkan Antarmuka Pengguna (Angular-base) baru, yang menyatukan yang terbaik dari dunia JSPUI dan XMLUI. Semua fitur yang Anda harapkan dari DSpace dirancang ulang dan diimplementasikan kembali. UI baru ini juga didukung oleh REST API baru, yang membuka semua data dan fitur ke web, memungkinkan DSpace mengintegrasikan atau berinteraksi dengan sistem/layanan eksternal yang belum pernah ada sebelumnya.

Tautan unduhan dan pemasangan ada di bawah untuk DSpace 7.2. Jika Anda mencari rilis DSpace sebelumnya, mereka berada di https://github.com/DSpace/DSpace/releases/ dan https://github.com/DSpace/dspace-angular/releases.

Sumber:
https://duraspace.org/dspace/
https://duraspace.org/dspace/download/
https://duraspace.org/dspace/resources/technical-specifications/
https://duraspace.org/dspace/about/features/
https://duraspace.org/dspace/resources/
https://duraspace.org/dspace/community/

Interested on library and information science, literacy, digital library, digital humanities, data science, media and culture studies.

Related Posts

Brackets – A modern, open source code editor that understands web design

Dengan alat visual terfokus dan dukungan praprosesor, Brackets adalah editor teks modern yang memudahkan desain di browser. Ini dibuat dari bawah ke atas untuk desainer web dan…

WPS Office – Free Office Download for PC & Mobile, Alternative to MS Office

WPS Office adalah suite kantor komprehensif yang ringan dan kaya fitur dengan kompatibilitas tinggi. Sebagai perangkat lunak perkantoran yang praktis dan profesional, WPS Office memungkinkan Anda mengedit…

SourceForge – Compare, Download & Develop Open Source & Business Software

Didirikan pada tahun 1999, SourceForge adalah platform perangkat lunak lengkap untuk perangkat lunak sumber terbuka dan bisnis. SourceForge adalah sumber daya komunitas perangkat lunak open source yang…

Open Source Initiative (OSI)

Open Source Initiative (OSI) adalah California public benefit corporation, dengan status bebas pajak 501(c)3, didirikan pada tahun 1998. OSI juga secara aktif terlibat dalam pembangunan komunitas, pendidikan,…

RStudio – Open source & professional software for data science teams

RStudio adalah lingkungan pengembangan terintegrasi atau integrated development environment (IDE) untuk R. Ini termasuk konsol, editor penyorotan sintaks yang mendukung eksekusi kode langsung, serta alat untuk merencanakan,…

Greenstone : software for building and distributing digital library collections

Greenstone adalah perangkat lunak untuk membangun dan mendistribusikan koleksi perpustakaan digital. Ini menyediakan cara untuk mengatur informasi dan mempublikasikannya di web atau di media yang dapat dipindahkan…